Berbagai Jenis Pohon Cemara di Indonesia

Berbagai Jenis Pohon Cemara di Indonesia CemaraBerbagai Jenis Pohon Cemara di Indonesia |  Pohon cemara adalah pohon yang bisa ditemukan di mana saja, dari daerah panas, gurun, dataran tinggi, rendah, hingga daerah bersalju sekalipun. Pohon ini mempunyai berbagai manfaat seperti sebagai tanaman peneduh di halaman rumah, kantor, perindang jalan. Pohon cemara juga berfungsi sebagai tanaman yang mencegah erosi di perbukitan atau tepi sungai, sehingga tidak terjadi banjir atau tanah longsor. Kegunaan lain adalah tanaman cemara dapat dijadikan bonsai sehingga menjadi hiasan yang sangat indah. Berikut ini akan dibahas dibahas berbagai jenis pohon cemara yang bisa tumbuh di daerah Indonesia.

Cemara Kipas

Pohon Cemara Kipas yang mempunya nama latin Thuja Occidentalis ini adalah jenis pohon cemara dari keluarga Cupressaceae dengan genus Thuja yang dikenal dengan nama Whitecedar. Di Indonesia dikenal dengan nama Cemara Kipas, meskipun ada juga yang menyebut tanaman cemara ini dengan tanaman cakar ayam.
Cemara Kipas lebih menyukai kondisi lingkungan yang lembap. Ia tumbuh secara alami di hutan basah terutama di rawa-rawa dengan ketinggian 10–20 meter. Cabang daunnya mengerucut ke samping, bersisik, dan membentuk kipas. Hewan rusa sangat menyukai tekstur daunnya yang lembut.
Kayunya secara komersial digunakan untuk membuat pagar, tiang, atau untuk membuat perahu.
Cemara Kipas kemudian dibudidayakan sebagai tanaman hias pertama kali di Eropa, terutama sebagai tanaman pengisi taman.

Berbagai Jenis Pohon Cemara di Indonesia Cemara Kipas

Cemara Pensil

Cemara Pensil atau dikenal dengan nama latin Cupressus Sempervirens dan dikenal juga dengan nama Cypress Mediterania dan Cypress Tuscan adalah tanaman cemara wilayah mediterania, selain itu juga dikenal dengan sebutan “drama tree” karena pohonnya bisa membungkuk jika terkena angin walaupun hanya pelan atau sepoi-sepoi. Pohon cemara ini mempunyai daun yang rimbun dan padat dengan warna hijau tua. Kayunya kuat dan berbau wangi. Di Eropa dan Florida pohon ini ditanam sebagai tanaman hias. Cemara ini bisa beradaptasi dengan kondisi kering, tetapi lebih cocok di daerah yang lembab dan dingin.

 Berbagai Jenis Pohon Cemara di Indonesia Cemara Pensil

Cemara Norfolk

Cemara Norfolk berasal dari Pulau Norfolk, pulau kecil di Samudera Pasifik, pada tahun 1774. Cemara Norfolk mempunyai nama latin Araucaria Heterophylla dan sering disebut cemara ‘bintang pinus’. Pohonnya memiliki ciri khas banyak cabang yang simetris berbentuk menyerupai jarum tumpul dan berbentuk garis segitiga hingga ke atas.
Setelah perumbuhannya meninggi Cemara Norfolk menjadi tidak simetris, dan cabang-cabang di bagian bawahnya akan menjadi cokelat dan gugur.
Tanaman ini dapat diperbanyak dengan cara vegetatif yaitu dengan mencangkok batangnya yang masih muda.

Jenis tanaman cemara ini sangat subur jika tumbuh di daerah iklim dingin dan dengan kelembaban tinggi serta mencapat sinar matahari langsung sepanjang hari. Cemara Norfolk dapat menghasilkan resin yang berguna untuk bahan pembuat produk kosmetika. Kayunya jika sudah tua juga berguna sebagai kayu bakar dan bahan bangunan. 
Pohon cemara ini termasuk jenis tanaman pohon berukuran besar, tingginya dapat mencapai 60 meter. Saat tanaman masih muda, susunan cabang-cabang yang bertingkat dan ranting-ranting teratur rapi. Cabang-cabang dan ranting-ranting menyerupai daun, berbentuk seperti jarum-jarum yang tumpul.

 Berbagai Jenis Pohon Cemara di Indonesia Cemara Norfolk

Cemara Udang

Cemara Udang dengan nama latin Casuarina equisetifolia linn adalah tanaman asli Indonesia, memiliki daun dengan ujung lancip seperti jarum, batangnya besar, kulitnya hitam kasar. Tanaman ini walaupun memiliki postur ukuran besar tetapi sering dibuat sekecil mungkin sebagai bonsai dan diletakkan di pot maupun taman. Bentuknya bisa dibentuk artistik karena batangnya bisa melengkung-lengkung seperti udang. Tanaman cemara ini dapat dikembangbiakkan secara vegetatif yaitu dengan cangkok. Tanaman ini banyak ditemukan di Pantai Lombang, Sumenep, Madura dan Jawa Timur.

 Berbagai Jenis Pohon Cemara di Indonesia Cemara Udang

Cemara Pua Pua

Cemara Pua Pua adalah pohon yang memiliki daun bagus. Daunnya berbentuk seperti tanduk rusa dan memiliki warna hijau tua. Tanaman ini sering dipakai untuk hiasan halaman rumah, karena mudah perawatannya. Jika mendapatkan cukup air maka daun cemara ini tidak mudah rontok.

 Berbagai Jenis Pohon Cemara di Indonesia Cemara Pua Pua

Cemara Angin

Cemara Angin dengan nama latin Casuarina Junghuhniana atau Casuarina Equisetifolia merupakan tanaman yang bisa hidup di semua daerah di Indonesia. Tanaman ini membutuhkan matahari penuh seharian dan perlu disiram agar subur. Pohon cemara angin ini bisa mencapai tinggi 5 meter lebih, daunnua tipis dan lembut, mudah bergoyang jika tertiup angin. Tanaman ini dahulu populer sebagai penghias gedung-gedung besar seperti gedung universitas dan gedung pemerintahan.

Berbagai Jenis Pohon Cemara di Indonesia Cemara Angin

Cemara Buaya

Tanaman cemara yang memiliki nama latin Juniperus horizontalis pertumbuhan batangnya cenderung menyamping bukan keatas, termasuk tanaman semak merambat. Cemara ini sangat diminati para hobiis untuk dijadikan bonsai, karena pertumbuhannya menyamping dan bisa asimetris, banyak ditemui di tebing atau  jurang. Sebenarnya tanaman ini cabangnya bisa banyak dan daunnya bisa sangat lebat, tingginya hanya 10 hingga 30 cm tetapi bisa menyebar ke arah horizontal sampai beberapa meter lebarnya. Berasal dari Amerika Utara, Kanada dan Alaska, tanaman ini memiliki batang bercabang banyak, dan daunnya sangat lebattanaman cemara yang memiliki batang bercabang banyak, dan daunnya sangat lebat

 Tanaman cemara ini biasa ditempatkan di pot dan dijadikan bonsai, tetapi tetap membutuhkan sinar matahari penuh, sehingga cocok diletakkan sebagai penghias halaman di dalam pot. Jika dibuat bonsai bentuknya bisa sangat eksotis seperti pohon berusia ribuan tahun.
 Berbagai Jenis Pohon Cemara di Indonesia Cemara Buaya

Cemara Lilin (Pohon Cemara Pecut)

Cemara Lilin atau biasa disebut cemara pecut, karena bentuknya di ujung atas mengerucut seperti bentuk pecut (cambuk). Daunnya menggerombol, tanaman ini tingginya bisa mencapai 10 hingga 15 meter. Membutuhkan sinar matahari yang cukup dan air yang cukup. Cemara ini cocok untuk menghias pinggir jalan atau jalan setapak menuju bangunan.

 Berbagai Jenis Pohon Cemara di Indonesia Cemara Lilin

Cemara Embun

Tanaman ini dinamakan cemara embun karena daunnya seperti berembun, berwarna hijau muda keputih-putihan seakan-akan selalu bawah oleh embun. Tanaman cemara ini berpostur relatif kecil dan bisa ditanam di dalam pot untuk memperindah halaman rumah.

 Berbagai Jenis Pohon Cemara di Indonesia Cemara Embun

Cemara Renthes

Cemara Renthes adalah tanaman cemara yang daunnya lebat, bentuknya menghadap ke atas. Pohon Cemara Renthes mempunyai daun yang runcing dan tumbuh acak kurang teratur.
Berbagai Jenis Pohon Cemara di Indonesia Cemara Renthes

Cemara Chinese Golden Tree

 Cemara ini mempunyai daun dengan warna kuning menyala, itulah kenapa disebut dengan nama Chinese Golden Tree, atau Cemara Emas dari China. Tanaman ini mempunyai daun yang unik karena daunnya berwarna kuning maka tidak kelihatan perbedaan antara daun yang sudah menguning dan daun yang masih sehat. Cocok untuk ditanam di halaman rumah.

Berbagai Jenis Pohon Cemara di Indonesia Cemara Chinese Golden Tree

Cemara laut

 Cemara laut yang memiliki nama latin Casuarina equisetifolia adalah tanaman cemara yang sering ditemui di pantai atau pesisir laut. Sebutan lain dari tumbuhan adalah Australian pine dan beach she-oak. Cemara laut memiliki percabangan halus dan cabang berwarna coklat keabu-abuan. Batang yang masih muda mempunyai tekstur halus, jika sudah tua teksturnya menjadi kasar, tebal, dan mempunyai alur. Pohon ini mempunyai batang kurus sehingga tahan terhadap terpaan angin laut, daun cemara ini berbentuk seperti lidi beruas-ruas berjumlah tujuh atau delapan setiap ruas. Daun tanaman cemara laut mudah rontok, tumbuh merunduk, bentuknya seperti jarum dengan warna hijau keabu-abuan.
Berbagai Jenis Pohon Cemara di Indonesia Cemara Laut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>