Media Tanam Pasir Malang

Media Tanam Pasir MalangMedia Tanam Pasir Malang terbuat dari lahar atau magma  dari gunung berapi dan mendingin secara cepat, dinamakan pasir malang karena banyak dihasilkan dari daerah dataran tinggi atau gunung berapi sekitar Malang. Pasir ini digunakan sebagai campuran media sehingga lebih porous atau lebih cepat melewatkan air sehingga tidak mudah becek. Pasir ini lebih mahal dari pasir biasa karena harus dicari di dataran tinggi di dekat kawah gunung berapi.

Asal Usul Pasir Malang

Pasir Malang terbuat dari lahar atau magma yang keluar dari gunung berapi dan mendingin secara cepat, mirip batu apung, tetapi terdiri dari serpihan-serpihan yang lebih kecil dan lebih berat dan warnanya lebih hitam. Pasir ini berbentuk seperti serpihan batu agak besar dan berlubang-lubang, bentuknya sisi-sisinya lancip dan tajam, jika tidak berhati-hati bisa melukai kulit.

Media Tanam Pasir Malang Asal Usul

Kegunaan Pasir Malang

Kegunaan pasir malang adalah sebagai campuran media tanaman. Tanaman hias yang membutuhkan media dengan campuran pasir malang adalah tanaman hias yang membutuhkan media yang porous dan tidak boleh terlalu lembab misalnya Adenium, Kaktus dan tanaman lain yang berasal dari daerah panas dan kering. Jika ditaburkan ke atas media atau sebagai topping media akan kelihatan seperti bernuansa gurun, kering dan bersih.

media-tanam-pasir-malang-kegunaan

Cara Memakai Pasir Malang

Pasir malang tidak bisa dipakai sebagai media tanam tanpa dicampur dengan media lain karena media ini miskin unsur hara dan tidak bisa menyimpan air sama sekali. Komposisi pasir malang dan media lain bervariasi tergantung tanaman hias yang akan ditanam, jika tanaman membutuhkan media yang cukup kering dan tidak tahan air seperti kaktus dan adenium, maka komposisi pasir malang diperbanyak. Sedangkan untuk tanaman yang membutuhkan media lebih lembab misalnya aglaonema dan anthurium, maka campuran pasir malang sedikit saja

Media Tanam Pasir Malang Cara Pemakaian

Kelebihan Pasir Malang

Kelebihan pasir malang adalah steril karena berasal dari lahar atau magma gunung berapi. Kelebihan lainnya adalah porous atau dapat meneruskan air dan membuat media cepat kering dan tidak becek, berbeda dengan pasir kali biasa yang ukurannya lembut dan bisa menahan air sehingga jika air berlebih tetap bisa becek. Media pasir malang ini juga membuat media kelihatan lebih bersih dan lebih tidak mudah ditumbuhi lumut atau jamur.

Media Tanam Pasir Malang Kelebihan

Kekurangan Pasir Malang

Kekurangan pasir malang adalah miskin hara, tidak mengandung unsur-unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman, tidak bisa menahan atau menyimpan air sama sekali, tetapi dapat diimbangi oleh campuran media lain yang mampu menyimpan air dan membuat media lembab yaitu cocopeat dan sekam bakar serta humus.

Kesimpulan

Pasir malang sangat cocok untuk campuran media tanaman hias yang tidak membutuhkan terlalu banyak air. Media ini harus dicampur dengan media lain seperti cocopeat, pakis, sekam, sekam bakar dan humus, agar dapat digunakan untuk menanam tanaman hias. Pasir malang cukup mahal, sehingga penggunaannya sebaiknya seminimal mungkin sesuai kebutuhan saja.

Media Tanam Pasir Malang Pemakaian Topping Kaktus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>