Palem Merah, Tanaman Hias Untuk Mempercantik Halaman Rumah

Palem Merah, Tanaman Hias Untuk Mempercantik Taman

Palem Merah mempunyai nama latin Cyrtostachys Lakka Becc. Palem ini mempunyai ciri mempunyai pelepah daun yang berwarna merah menyala. Tanaman ini dikenal sebagai maskot propinsi Jambi. Tanaman ini sangat populer karena selain pertumbuhan cepat, bisa ditanam di pot, juga tahan panas, bahkan warna merahnya bisa menyala indah apabila terkena sinar matahari sepanjang hari.

Iklim dan Persebaran

Palem merah ditemukan di daerah Tropis, tersebar di Indonesia terutama Pulau Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Juga ditemukan di Malaysia dan Thailand. Tanaman ini hanya mampu tumbuh di daerah tropis. Tidak bisa tumbuh di iklim dingin, membutuhkan sinar matahari sepanjang hari sepanjang tahun.

Manfaat dan Harga Palem Merah

Palem merah sangat terkenal sebagai tanaman hias karena sifatnya yang mudah tumbuh, tidak rewel dan bisa tumbuh secara sehat dan di bawah sinar matahari terik malah akan mengeluarkan warna merah yang sangat indah. Warna merah ini membawa kecerahan di taman dan menghilangkan kesan monoton dari warna hijau daun.

Palem merah juga dipercaya mempunyai kemampuan untuk menolak gangguan mistis berupa santet dsb, walaupun ini semua bisa diterangkan secara logika.

Palem Merah Banyak Tersedia di Pasaran

Palem Merah biasa dijual di pasaran dengan harga yang sedang, tidak terlalu mahal juga tidak terlalu murah. Anakan yang masih kecil berkisar antara Rp.20.000 hingga Rp.30.000, sedangkan tanaman yang sudah besar dan memiliki banyak rumpun bisa berkisar antara Rp.100.000 hingga Rp.300.000.

Perkembangbiakan Palem Merah

Palem merah bisa dikembangbiakkan secara vegetatif (pemisahan anak) maupun generatif (biji). Perkembang biakan secara pemisahan anak lebih disukai daripada perkembangan secara biji, karena walaupun palem merah menghasilkan biji yang berukuran kecil dan sangat banyak, pertumbuhan dari biji memiliki persentase relatif rendah, kira2 dibawah 20% biji yang bisa tumbuh.

Perkembangbiakan Palem Merah  Secara Vegetatif Anakan

Perawatan Palem Merah

Perawatan palem merah cukup mudah. Seperti halnya palem pada umumnya, tanaman ini cukup tangguh. Jika ditanam di tanah maka akarnya bisa tumbuh sangat panjang dan dalam sehingga bisa mencari air sendiri dari bawah tanah. Lain halnya jika anda ingin menanamnya di pot, maka perawatannya tentu saja lain.

Palem merah yang ditanam dalam pot harus mendapatkan nutrisi dan tempat hidup yang cukup, apabila keduanya tidak tercukupi paka tanaman palem ini akan menjadi kerdil, dan apabila bisa tumbuh maka ukuran tanamannya semakin kecil dan tetap memiliki tunas anak tetapi semakin banyak dan kecil-kecil menyerupai rumpun.

Hama dan Penyakit

Hama dan penyakit yang menyerang Palem merah seperti pada umumnya hama dan penyakit yang menyerang tanaman Palem lain. Walaupun dalam hal ini palem merah termasuk tanaman palem yang tahan dari segala hama dan penyakit dengan syarat tanaman terkena sinar matahari sepanjang hari dan media memiliki air yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>