Pohon Bodhi Tempat Buddha Siddharta Gautama Bersemedi

Pohon Bodhi Tempat Buddha Siddharta Gautama BersemediPohon Bodhi Tempat Buddha Siddharta Gautama Bersemedi | Pohon Bodhi atau dalam bahasa latin disebut Ficus Religiosa, konon menurut cerita adalah pohon dimana Siddharta Gautama (Buddha) bersemedi dibawah naungannya. Pohon ini memiliki daun berbentuk Hati atau Love berasal dari sekitar kota Bodh Gaya, yang terletak kira-kira 100 km (62 mil) dari Patna, negara bagian Bihar, India.

Sejarah Pohon Bodhi

Pada abad ke 3 SM (Sebelum Masehi), putri Kaisar Asoka bernama Sanghamitta membawa cabang Pohon Bodhi menuju Sri Lanka dan ditanam di Anuradhapura, pohon anakan ini kemudian hidup dan tumbuh hingga hari ini. Pohon Bodhi di Anuradhapura ini menjadi pohon tertua yang tercatat dalam sejarah dan juga menjadi pohon pertama yang ditanam manusia dengan tanggal atau waktu yang pasti, sebenarnya ada banyak pohon lain yang berusia lebih tua, tetapi kapan pohon tersebut ditanam atau mulai tumbuh tidak tercatat secara pasti seperti pohon ini. Bahkan pohon asli di Bodh Gaya dikabarkan sudah musnah sekitar abad 7 M dan ditanam lagi dengan cangkokan yang berasal dari pohon di Sri Langka tersebut.

Cara Menanam dan Membeli Pohon Bodhi

Pohon Bodhi Tempat Buddha Siddharta Gautama Bersemedi Stek Cangkok
Pohon Bodhi mudah dikembangbiakkan dengan stek atau cangkok. Pohon ini sebenarnya mudah tumbuh dan tidak rewel, hanya saja langka karena sulit berkembang biak secara alami yaitu secara biji atau generatif. Pohon ini bisa dibeli di penjual tanaman hias atau di toko online atau toko perantara jual beli online. Harganya tidak terlalu mahal, sekitar Rp.100,000 (seratus ribu rupiah) untuk ukuran hasil cangkok paling kecil, tentu saja harganya sesuai dengan ukuran pohon, semakin besar dan tua semakin mahal.
Pohon Bodhi Tempat Buddha Siddharta Gautama Bersemedi Stek Cangkok Penjual Tanaman Hias

Pohon Bodhi di Indonesia

Di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta terdapat juga pohon Bodhi yang ditanam oleh Presiden Pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno pada saat peresmian Berdirinya Gedung Rektorat UGM, jadi umur dari pohon itu pun sama persis dengan umur Gedung Pusat UGM di Bulaksumur Yogyakarta. Nampaknya Pohon Bodhi saat ini sudah menjadi simbol perdamaian dan kasih sayang yang lebih universal terlepas dari makna religius dari salah satu agama saja.
Pohon Bodhi Tempat Buddha Siddharta Gautama Bersemedi Stek Cangkok Balairung Rektorat UGM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>