Tanaman Air Penyejuk Halaman Rumah Paling Populer

Tanaman Air Penyejuk Halaman RumahTanaman Air Penyejuk Halaman Rumah Paling Populer | Tanaman Air sangat digemari dan cocok untuk membuat taman halaman rumah menjadi sejuk, bisa juga sebagai penghias kolam ikan. Tanaman Air sangat mudah perawatannya, syaratnya mudah, yaitu media yang selalu basah dan tergenang air, serta harus terkena matahari paling tidak beberapa jam sehari, akan lebih bagus lagi bila banyak terkena angin. Sebagai negara tropis yang mempunyai suhu udara relatif panas maka tanaman air ini bisa sebagai alternatif penghias rumah sekaligus sebagai penyejuk rumah sehingga halaman tidak terkesan kering dan panas. Berikut ini akan dibahas Tanaman Air Penyejuk Halaman Rumah yang Paling Populer di Indonesia, berdasarkan yang paling banyak yang menanam dan membudidayakan tanaman hias air ini.

1. Bambu Air

Bambu air adalah tanaman air yang tidak membutuhkan tempat yang besar, bentuknya yang kecil panjang berumpun cocok diletakkan di pekarangan yang sempit di depan rumah, atau sebagai pelengkap kolam di dinding. Tanaman ini mudah tumbuh, mudah berkembang biak dengan tunas anakan dan tahan terhadap media yang tidak menggenang, yang penting basah, merupakan tanaman favorit untuk penyegar halaman. Bambu air memiliki spesies sejenis yaitu Bambu Air Kuning yang memiliki warna belang-belang seperti motif ular.

Tanaman Air Penyejuk Halaman Rumah Bambu Air

2. Tanaman Air Alang-alang

Alang-alang air adalah tanaman hias abadi, selalu ditemukan untuk hiasan kolam di bebagai taman, membutuhkan space yang cukup besar. Jika kondisi cocok, yaitu media selalu basah atau menggenang, banyak angin, maka tanaman ini akan berbunga, bentuknya bagus, seperti tabung berwarna coklat.

Tanaman Air Penyejuk Halaman Rumah Alang Alang Air

3. Papirus Air

Papirus air hampir sma sifatnya dengan alang-alang air, tanaman ini adalah tanaman klasik, sudah populer sebagai penghias kolam sejak lama. Membutuhkan kolam atau genangan yang agak luas sehingga bisa terkena banyak angin, jika tidak tanaman tidak akan tumbuh subur, cenderung berukuran kecil. Papirus Air memiliki kembaran spesies dengan bentuk sama tetapi ukuran mini, yang biasa disebut papirus mini.

Tanaman Air Penyejuk Halaman Rumah Papirus Air

4. Pisang Amazon

Pisang amazon termasuk tanaman langka, pisang ini sangat jarang berbuah dan bertunas anakan jika kondisi dan kedewasaan belum benar-benar memenuhi syarat. Bentuk daunnya lancip terkesan langka dan eksotis. Tanaman ini membutuhkan media yang cukup dalam untuk mencengkeram akarnya, karena dibanding tanaman hias air yang lain, tanaman ini paling tinggi dan besar. Cocok untuk menghiasi kolam yang relatif besar.

Tanaman Air Penyejuk Halaman Rumah Pisang Amazon

5. Bunga Teratai

Bunga teratai adalah tanaman klasik, dikenal di berbagai negara bahkan disebutkan dalam kisah kepercayaan dan mitos. Tanaman ini membutuhkan air yang menggenang dan lebar, tetapi dangkal, akarnya bisa panjang hingga menyentuh dasar kolam.

Tanaman Air Penyejuk Halaman Rumah Bunga Teratai

6. Melati Air

Tanaman ini disebut melati air karena bunganya mirip dengan bunga tanaman melati. Sifatnya mirip dengan bunga teratai, membutuhkan air menggenang tetapi agak dangkal, akarnya bisa mencapai dasar kolam dan masuk di lumpur, tetapi bedanya tidak membutuhkan area yang luas, karena daunnya cenderung ke atas, tidak seperti teratai yanh daunnya terhampar mengambang di permukaan air.

Tanaman Air Penyejuk Halaman Rumah Melati Air

7. Lavender Air

Tanaman ini mirip dengan tanaman lavender, yaitu bunganya berwarna ungu, konon memiliki kegunaan sama juga dengan lavender, yaitu aroma bunga dan daunnya dapat mengusir nyamuk, sehingga disebut lavender air.

Tanaman Air Penyejuk Halaman Rumah Lavender Air

8. Enceng Gondok

Sebenarnya enceng gondok adalah gulma, atau tanaman pengganggu yang jika terlalu banyak bisa mengganggu keseimbangan ekosistem air. Tetapi jika kita tanam sedikit saja dan kita kendalikan populasinya di kolam, maka keindahannya tidak kalah dengan Bunga Teratai dan Melati Air. Daunnya yang hijau tua memberikan kesejukan, dan jika sudah dewasa dan subur bisa mengeluarkan bunga yang sangat bagus.

Tanaman Air Penyejuk Halaman Rumah Enceng Gondok

9. Apu-apu Air

Apu-apu mempunyai sifat yang sama dengan enceng gondok, sebenarnya tanaman ini juga merupakan gulma yang jika populasinya terlalu banyak bisa mengganggu ekosistem air. Tetapi jika hanya sedikit dan populasi terkendali, maka apu-apu air bisa menjadi penghias di kolam karena bentuknya yang kecil dan daunnya yang hijau muda. Tanaman ini mudah sekali berkembang biak asalkan dalam kondisi terapung di air yang menggenang, perkembangbiakan secara vegetatif anakan.

Tanaman Air Penyejuk Halaman Rumah Apu-Apu Air

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>