Tanaman Palem Paling Populer di Indonesia

Tanaman Palem Paling Populer di IndonesiaTanaman Palem Paling Populer di Indonesia | Palem sangat populer di negara tropis seperti Indonesia. Palem menjadi tanaman penghias yang terkenal karena sifatnya yang tahan panas dan kekeringan dan dikenal tahan roboh, karena struktur batangnya yang tidak bercabang, daunnya terkumpul diatas sehingga tahan terhadap terpaan angin kencang. Jika tanaman ini terkena penyakit, atau sudah terlalu tua dan mati, maka batangnya akan membusuk atau keropos dari atas, sehingga hampir tidak ada cerita bahwa pohon palem roboh menimpa bangunan, itu sebabnya hotel dan gedung instansi yang tinggi biasanya menanam palem disamping gedung tanpa khawatir tertimpa jika tanaman ini roboh. Berikut ini dibahas tanaman palem paling populer di negara ini dalam hal banyaknya populasi yang menanam tanaman ini, jadi bukan berdasarkan tanaman yang termahal atau yang terbaik atau tercantik.

1. Palem Raja

Seperti namanya, palem raja seakan merupakan raja dari tanaman palem, biasanya ditemukan di halaman gedung-gedung instansi pemerintah yang tinggi besar atau di hotel-hotel berbintang. Tanaman palem ini juga bisa tumbuh tinggi menjulang setinggi pohon kelapa, bisa sampai 20 meter lebih.

Tanaman Palem Paling Populer di Indonesia Palem Raja

2. Palem Ekor Tupai

Palem ekor tupai mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki palem lain yaitu daunnya yang seperti ekor tupai. Palem ini juga dapat tumbuh tinggi hampir menyamai Palem Raja. Palem ini mulai populer sepuluh tahun terakhir bersamaan dengan semakin banyaknya populasi Palem Raja sehingga mulai meredup popularitasnya dan digantikan oleh Palem Ekor Tupai sebagai alternatif pengganti yang tidak kalah bagusnya.

Tanaman Palem Paling Populer di Indonesia Palem Ekor Tupai

3. Palem Sadeng

Palem sadeng sangat khas, bentuknya tinggi menjulang tetapi batangnya tidak bertambah besar, sehingga mirip tiang telepon tetapi bisa lebih tinggi lagi bahkan lebih tinggi dari Palem Raja. Hotel berbintang yang memiliki tinggi beberapa puluh lantai banyak yang menanam pohon ini sebagai hiasan yang dapat mengimbangi tinggi gedung tetapi tidak memakan tempat serta tidak khawatir akan roboh.

Tanaman Palem Paling Populer di Indonesia Palem Sadeng

 

4. Palem Putri

Palem putri seperti versi kecil dari palem raja, bentuk pohonnya mirip tetapi lebih kecil dan tidak bisa terlalu tinggi, hanya sekitar lima sampai sepuluh meter. Pohon ini populer untuk hiasan halaman rumah, karena rumah relatif tidak terlalu tinggi sehingga membutuhkan pohon yang lebih pendek dan ukuran batang yang lebih kecil. Palem putri juga mempunyai biji yang relatif banyak dan besar sehingga mudah tumbuh, biasanya di bawah pohon ditemukan banyak sekali biji yang sudah bertunas, siap dipindahkan.

Tanaman Palem Terpopuler di Indonesia Palem Putri

 

5. Palem Merah

Palem Merah mempunyai ciri mempunyai pelepah daun yang berwarna merah menyala. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari sepanjang hari sepanjang tahun. Palem merah sangat terkenal sebagai tanaman hias karena sifatnya yang mudah tumbuh, tidak rewel dan bisa tumbuh secara sehat dan di bawah sinar matahari terik malah akan mengeluarkan warna merah yang sangat indah. Warna merah ini membawa kecerahan di taman dan menghilangkan kesan monoton dari warna hijau daun. Selangkapnya tentang Palem Merah, sifat dan cara penanamannya dapat dilihat di artikel sebelumnya disini.

Tanaman Palem Paling Populer di Indonesia Palem Merah

6. Palem Botol

Palem botol mempunyai bentuk batang yang unik, yaitu menggembung seperti botol. Pohon palem ini tidak bisa tinggi, seakan sepertimpalem yang dibonsai, yaitu tidak bisa lebih dari 3 meter. Palem ini menjadi favorit untuk menghias halaman atau taman karena tumbuhan ini cukup cepat pertumbuhannya dari kecil ke besar, tetapi sampai pada ukuran tertentu pertumbuhannya melambat seperti bonsai, ukuran batang dan daunnya juga tidak memakan banyak tempat, tahan terhadap sinar matahari sepanjang hari dan tahan terhadap kekeringan.

Tanaman Palem Paling Populer di Indonesia Palem Botol

7. Palem Kol

Palem Kol baru populer beberapa tahun ini, karena bentuknya yang bagus seperti kumpulan kipas yang melingkar indah. Sifatnya yang hanya membutuhkan sekitar 50% penyinaran matahari bahkan kurang, jika terkena sinar matahari full sepanjang hari maka daunnya akan terbakar. Hal ini yang menyebabkan palem kol sangat cocok untuk hiasan indoor dalam ruangan dan ditanam di dalam pot. Pertumbuhan palem ini meninggi juga relatif lambat dan tidak bisa terlalu tinggi.

Tanaman Palem Paling Populer di Indonesia Palem Kol

8. Palem Phoenix

Palem pheonix relatif pendek seperti halnya palem botol, tinggi batangnya tidak bisa lebih dari 3 meter. Bentuk daunnya bagus, seperti air mancur atau kembang api, seperti memancar dari atas ke segala arah. Pohon palem ini relatif sulit mempunyai biji dan tidak bisa memiliki anakan, sehingga sangat sulit dikembang biakkan. Keunggulan palem ini adalah tahan panas terik matahari dan tahan kekeringan.

Tanaman Palem Paling Populer di Indonesia Palem Phoenix

 

9. Palem Waregu

Palem Waregu adalah palem klasik, seperti halnya palem kuning. Tetapi palem ini lebih banyak ditemukan sebagai penghias taman, bukan sebagai penghias pinggir jalan tetapi sebagai pengisi space kosong di taman karena sifatnya yang mudah mempunyai tunas anakan, tetapi tunas anakan tersebut akan muncul agak jauh dari indukya. Akibatnya palem mempunyai bentuk bergerombol bukan berumpun, daunnya hijau, tidak bisa tinggi, maksimal hanya dua meter, dan tahan terhadap sinar matahari penuh, panas dan kekeringan. Keunggulan palem ini adalah mudah beradaptasi dgpengan sinar matahari full maupun sedikit, sehingga sering ditanam di dalam pot dan digunakan sebagai hiasan di dalam ruangan indoor.

Tanaman Palem Paling Populer di Indonesia Palem Waregu

10. Palem Kuning

Tidak bisa dipungkiri lagi ini Palem Kuning adalah palem klasik yang banyak sekali ditemui di pinggir jalan sebagai penghias jalan, sudah populer sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Disamping karena keindahan pelepah daunnya yang berwarna kuning, mempunyai postur yang tidak terlalu tinggi sehingga tidak mengganggu kabel atau tiang listrik dan telepon, tanaman ini juga terkenal tahan cuaca panas dan kekeringan. Perkembangbiakannya juga mudah, bisa dari biji maupun dari pemisahan anakan. Palem ini termasuk jenis yang relatif sering mengeluarkan anakan, sehingga mudah diperbanyak.

Tanaman Palem Paling Populer di Indonesia Palem Kuning

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>